Halaman

WEBSITE RESMI ABANA Asniah Aceh


Selamat Datang Di Situs Resmi Metode ABANA

  • Apakah kalian selama ini kesulitan dalam menulis Khat Arab ?
  • Kalian belum menemukan metode menulis Khat Arab yang Mudah dan Efektif ?
  • Belum menemukan bagaimana cara belajar dan mengajarkan menulis  Khat Arab yang sederhana dana menyenangkan ?
  • Belum juga menemukan buku yang tepat untuk belajar dan menulis Khat Arab yang mudah dan Efektif ?
  • Belum menemukan buku panduannya ?
Kabar gembiranya, hari ini kalian bisa menemukan solusinya disini. Kini telah hadir buku ABANA, buku yang mengajarkan bagaimana cara efektif belajar dan mengajar Khat Arab.

Tonton Video Youtube Edukasi Singkat Metode ABANA


---Kini Telah Tersedia Buku ABANA---

  • Buku ABANA adalah buku metode efektif yang sangat mudah dan sederhana dalam menulis Khat Arab maupun Al-Qur'an
  • Dengan menerapkan metode ABANA, insyaAllah dalam waktu yang relatif singkat para pelajar akan memiliki tulisan yang memuaskan yaitu bagus, tepat, benar, rapi dan standar. 
  • Buku ABANA ini sangat cocok dipadukan dengan kegiatan belajar membaca Al-Qur'an, sehingga dalam waktu bersamaan pelajar mampu membaca Al-Qur'an sekaligus menulis Al-Qur'an dengan baik dan benar. 
  • Buku ABANA dapat menjadi buku pedoman dan panduan menulis Khat Arab maupun menulis Al-Qur'an, sekaligus sebagai tempat latihan pagi para pelajar dan pengajarnya. 
  • Belajar Metode ABANA cocok diterapkan secara klasikal maupun individual. 
  • Buku ABANA adalah buku untuk semua kalangan, dan dapat dimulai dari umur 7 tahun keatas.


Saatnya kini kemampuan dalam menulis Arab dan Al-Qur'an menjadi hal yang wajib dimiliki oleh setiap muslim. Mampu dan trampil menulis  Arab dan Al-Qur'an dengan baik dan benar menjadi salah satu tujuan pembelajaran.

Disaat buku-buku metode membaca Al-Qur'an yang telah diterapkan membuahkan hasil yang nyata, maka saatnya muslimin untuk memiliki kemampuan dasar menulis Arab dan Al-Qur'an dengan baik dan benar, serta standar penulisan yang baik dan benar juga.

Untuk mewujudkan itu, maka perlu suatu tehnik atau metode menulis yang sederhana, mudah dan efektif. Dan kita teliti bersama, bahwa kemampuan menulis lahir setelah kemampuan menghafal dan membaca.

Maka tidak heran ketika anak mampu menghafal dan membaca Al-Qur'an, namun ketika dihadapkan kepada praktik menulis, kita dapati kesenjangan yang jauh. Bahkan mari kita akui, selefel umur kita, juga banyak yang belum bisa menulis Arab dan Al-Qur'an dengan baik dan benar.

Mampu menulis Arab dan Al-Qur'an dengan baik dan benar akan menambah keistimewaan pada setiap pribadi muslim.

   Saat ini kemampuan menulis haruslah menjadi hal yang perlu sekali dimiliki oleh setiap muslim. Dan seharusnya menjadi salah satu tujuan pembelajaran di sekolah-sekolah baik yang formal maupun non-formal. Disaat buku-buku metode membaca Al-Qur'an telah diterapkan membuahkan hasil yang nyata, maka saatnya muslimin memiliki kemampuan dalam menulis Al-Qur'an dengan baik dan benar dengan standar penulisan yang baik dan benar juga. Dengan kita mampu menulis huruf Al-Qur'an dengan baik dan benar keistimewaan pada pribadi muslim.

Buku Menulis Khat Arab ABANA [Jilid 2]

---Khat Arab Rumus 3 Huruf---

Belajar menulis Arab dan Al-Qur'an dengan metode ABANA menekankan pada proses kegiatan belajar yang berorientasi pada kemandirian menulis dari setiap pelajar. Metode ABANA dirancang untuk siapa saja yang ingin menulis Al-Qur'an dengan menekankan pada bidang penguasaan tehnik menulis Arab atau Al-Qur'an.

Metode ABANA sederhana, mudah dan efektif yang hanya menggunakan metode menulis pada tiga huruf Hijaiyyah dan garis-garis pada buku tulis.

Banyak ragam khat Arab. Kita kenal seperti Khat Naskhi, Khat Diwani, Khat Riq'ah, Khat Farsi dan lain-lain. Demikian juga kita dapat temuka berbagai bentuk font Arab yang beraneka ragam dalam komputer. Lalu Khat yang mana dulu sebaiknya diajarkan kepada pelajar ?

Makanya saya katakan disini, bahwa belajar hendaknya dimulai dari yang sederhana, mudah dan standar dulu. Maksud dari standar disini adalah keumuman yang ditulis pada sebagian besar buku-buku berbahasa Arab. Maka itu yang menjadi sumber perhatian dan acuan kita.

Maka metode ABANA dirancang khusus agar para pelajar memiliki kemampuan khusus dalam menggerakkan jarinya, dan agar pelajar memiliki kebiasaan yang mapan dalam mengajarkan menulis Al-Qur'an kepada yang lain.

Dan agar keterampilan menulis Al-Qur'an tetap terjaga dengan baik, maka perlu untuk melakukan pembiasaan. Proses pembiasaan dilakukan agar pelajar benar-benar menguasai dan terampil dalam menuliskan ayat-ayat Al-Qur'an dan lainnya. Maka buku metode ABANA kita rancang sebagai media tempat berlatih yang efektif dimana para pelajar dan pengajar bisa mendapatkan manfaatnya.

Buku Menulis Khat Arab [Jilid 3]

--STANDAR TULISAN KHAT ABANA--

     Kami katakan bahwa metode ABANA adalah sebuah metode dari beberapa metode, yang penulis lihat dapat membantu dalam proses belajar dan mengajar menulis Al-Qur'an dengan tanpa menyalahi kaedah baku yang telah dikenal atau ditetapkan. Juga menjadikan pekerjaan menulis Al-Qur'an atau menulis Arab bisa menjadi mudah untuk diterapkan. Kita akan ambil contoh standar tulisan Arab pada kitab-kitan berbahasa Arab.

    Coba perhatikan dan coba kita tarik garis mendatar pada setiap baris tulisannya. Maka akan terlihat letak-letak huruf berbentuk lengkung huruf. Maka dengan itu kita buat menjadi suatu ukuran kemudian kami simpulkan dan kami jadikan sebuah metode menulis ABANA.

    Pada metode menulis di buku ABANA yang paling mendasar adalah menekankan agar siapapun bisa menulis Arab dan Al-Qur'an dengan model standar dulu. Disini yang lebih diinginkan adalah kita bukan hendak menulis tulisan-tulisan indah, seperti tulisan yang biasa dipakai untuk kaligrafi indah atau hiasan tulisan arab untuk sampul buku atau dinding. Namun yang kita inginkan nantinya setelah menguasai tehnik standar ABANA, kemudian kita bisa meningkat untuk belajar menulis Al-Qur'an atau Khat Arab pada tingkat lanjut dengan tulisan-tulisan yang indah (kaligrafi). Dihalaman selanjutnya kita akan mengenalkan dan menunjukkan nama-nama Khat Arab.

Banyak ragam Khat Arab, kita kenal seperti Khat Naskhi, Khat Diwani, Khat Riq'ah, Khat Farisi dan lain-lain. 

Demikian kita juga dapat temukan berbagia bentuk font Arab yang beraneka ragam dalam komputer. Lalu Khat mana dulu yang sebaiknya diajarkan kepada para pelajar ? Maka saya katakan disini, bahwa untuk memulai belajar hendaknya mulai dari yang sederhana, mudah dan standar dulu. Maksud dari standar disini adalah keumuman yang ditulis pada sebagian besar buku-buku berbahasa Arab. Maka itu yang menjadi bumber perhatian dan acuan kita dalam mengenalkan metode ABANA.

Buku Menulis Khat Arab ABANA [Jilid 4]

-ADA APA DALAM BUKU ABANA ?-

Ada metode dengan Rumus 3 HURUF, yaitu Alif, Ba dan Nun...

Perhatian standar penulisan ! kami menggunakan standar belajar menulis yaitu dengan tiga huruf. Huruf Alif ا, Huruf Ba ب, Huruf Nun ن. Tiga huruf ini kami pakai sebagai standar penulisan kepada semua huruf Hiajiyyah. Dan hampir pada seluruh Huruf Hijaiyyah, walau disana kita tidak memutlakkan dengan teori Alif, Ba dan Nun. dengan teori menguasai menulis Alif, Ba dan Nun dengan baik, maka diharapkan semua huruf Hijaiyyah yang ditulis baik lepas maupun sambung, akan dihasilkan tulisan yang baik, benar dan standar. 

Ada Metode Dengan Garis Buku Tulis...

✓ InsyaAllah ini adalah metode termudah dalam belajar menulis huruf Al-Qur'an. Menjadi tahu penempatan dan perbedaan huruf.

Praktek menulis keseharian adalah dengan buku bergaris. Tulisan lebih rapi dan lebih bagus.

✓ Dalam kesehariannya para pelajar biasa memakai buku tulis bergaris sebagai media menulis catatan apapun. Dan karena garis-garis dalam buku merupakan media yang sangat membantu untuk tulisan menjadi lebih terarah dan rapi. Maka garis termasuk menjadi metode yang dipilih untuk pelajar menulis Khat Arab (ABANA). Adapun dengan garis huruf-huruf mendapat bagian tempat yang jelas. Oleh karena itu anjuran kami agar untuk setiap yang ingin atau baru mulai belajar menulis, atau yang ia sudah dapat menulis, namun tulisannya belum rapi, maka baiknya untuk memulai kemali menulis dari awal, yaitu huruf Hijaiyyah lepas dari ( ا ) sampai ( ي ) dengan kaedah yang benar, (Metode ABANA). 

Ada Metode Hafal tanpa Menghafal...

  • Bagaimanapun pelajaran menulis adalah pelajaran mendasar yang tidak boleh ditinggalkan atau dipisahkan. Dimanapun kegiatan menulis akan menjadi pengikat ilmu. Dan apa yang ditulis diinginkan bisa menjadi pengingat yang bermanfaat untuk kita dan yang lainnya. Walau seiring berjalannya waktu mudah sekali kita menekan tombol-tombol untuk membentuk huruf, namun bagaimanapun ini tidaklah selalu akan eksis. Oleh karena itu baik untuk para pelajar atau muslim umumnya untuk memiliki keterampilan menulis Arab atau Al-Qur'an.
  • Agar tidak terlalu menjadi beban ingatan, dan belajar menjadi menyenangkan, maka metode ABANA mengarahkan kepada semata mengerjakan latihan-latihan yang secara otomatis otak akan menyerap dengan sendirinya tanpa harus menghafal. Dan karena fokusnya adalah mengarahkan tangan pada tulisan yang yang baik dan benar dalam penempatan. Seperti contoh dan latihan -latihan yang harus dikerjakan dalam Jilid 1 sampai 5. Terutama sekali ketika belajar menulis pada jilid 2, 3, 4.
  • Sebagai contoh pada Jilid 2 (Dua), materinya adalah huruf Hijaiyyah sambung awal, maka dengan mengerjakan pengulangan sebanyak sembilan kali, maka terbentuk sudah kemampuan tulisan dan perekaman yang mapan dalam otak. Bahwa Huruf Alif, Ba, Ta dan seterusnya ketika posisi diawal kalimat maka bentuk dan aturannya akan selalu seperti itu.
  • Sebagi contoh pada Jilid 3 (Tiga), materinya adalah huruf Hijaiyyah bersambung tengah, maka dengan mengerjakan pengulangan sebanyak sembilan kali, maka terbentuk sudah kemapanan tulisan dan perekaman yang mapan dalam otak. Bahwa Huruf Ali, Ba, Ta dan seterusnya ketika posisi ditengah kalimat maka bentuk aturannya akan selalu seperti itu.
  • Sebagai contoh pada Jilid 4 (Empat), materinya adalah huruf Hijaiyyah bersambung Akhir, maka dengan mengerkan pengulangan sebanyak sembilan kali, maka terbentuk sudah kemapanan tulisan dan perekaman yang mapan dalam otak. Bahwa Huruf Ali, Ba, Ta dan seterusnya ketika posisi di akhir kalimat maka bentuk dan aturannya akan selalu seperti itu. Juga ketika materi meletakkan tanda Harakat.
Buku Menulis Khat Arab ABANA [Jilid 5]

APA KATA MEREKA TENTANG ABANA ?
SEPERTI APA HASIL TULISAN MURID ABANA ?
ADAKAH EDUKASI MENULIS DI YOUTUBE ?
MAU JOIN ABANA TELEGRAM CHANEL ?
BERAPA HARGA BUKU ABANA ?



Dapatkan Buku ABANA Metode Efektif Belajar dan Mengajar Menulis Al-Qur'an melalui Distributor, Agen, dan Dropshipper resmi kami yang telah tersebar di wilayah Indonesia juga Malaysia.
Chat langsung ke Agen Resmi kami  Untuk Pembelian Buku ABANA 




BELAJAR MENULIS ARAB SANGAT MUDAH UNTUK BELIA
DAPAT DITERAPKAN UNTUK USIA BELIA DARI UMUR 4-6 TAHUN.

Buku ABANA Belia InsyaAllah mampu mengantarkan belia pada ruang kreatifitas yang
lebih baik. Anak Indonesia belia adalah generasi pintar menulis Arab Al-Qur'an.